Cukur Wajah! Rahasia Kulit Mulus Wanita Jepang

Cukur Wajah! Rahasia Kulit Mulus Wanita Jepang Ilustrasi (YouTube)
Dipercaya menciptakan kulit sehalus sutera dan selicin porselen. Kok bisa?
Dream - Wanita Jepang diberkati dengan kulit yang indah dan mulus yang mungkin disebabkan oleh diet dan gen mereka.
Namun ada rahasia kecantikan yang mungkin hanya dikenal oleh segelintir orang, ternyata mereka mencukur wajah mereka!
Salon-salon kecantikan di Jepang saat ini banyak yang menawarkan cukur wajah. Para wanita di sana yakin, mencukur wajah bisa membuat kulit mereka tampak muda dan lembut.
Sementara pria umumnya mencukur area wajah yang banyak ditumbuhi rambut tebal, wanita Jepang menyingkirkan seluruh bulu di wajah mereka. Mereka yakin hal itu akan menciptakan kulit sehalus sutera dan selicin porselen.
Perawatan kecantikan cukur wajah telah menjadi sangat populer sehingga hampir semua salon menawarkannya sebagai bagian dari layanan reguler mereka.
Menurut para ahli kecantikan Jepang, pria tidak sadar telah menemukan teknik anti-penuaan selama bertahun-tahun. Alasan mengapa pria usianya melambat karena mereka mencukur sepanjang waktu. Krim cukur melembabkan wajah, sedangkan mencukur sendiri bertindak sebagai pijatan.
Proses cukur tersebut diyakini tidak hanya menghilangkan bulu halus, tetapi juga sebagai proses pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan.
Hal ini mendorong pergantian lapisan kulit dengan cepat, membuat aplikasi riasan lebih mudah. Pada wanita yang lebih tua, proses cukur wajah juga membantu menghilangkan rambut wajah yang tidak diinginkan yang muncul selama menopause.
Para wanita juga tidak perlu mengkhawatirkan bulu-bulu menjadi kasar seperti pria, karena mereka memiliki rambut wajah yang lebih lembut.
"Kami memberitahu semua klien kami bahwa cukur wajah adalah rahasia bintang Hollywood selama bertahun-tahun," kata pemilik salon Mamika Ozaki. "Marilyn Monroe dan Liz Taylor sering melakukan cukur wajah."
Ahli kosmetik Amerika Mary Schook sepakat bahwa mencukur sekali setiap dua minggu cukup masuk akal.
"Pria bertambah umur lebih lambat dari wanita," katanya. "Hal ini terutama berkaitan dengan fakta bahwa mereka mencukur setiap hari yang membantu semacam refleks peregangan, menjaga kulit tampak muda." Di Amerika cukur wajah biasa disebut 'dermaplaning' atau 'blading'.
Prosedur ini aman jika dilakukan oleh seorang profesional yang berpengalaman. Tetapi mencukur wajah tidak disarankan bagi orang-orang dengan banyak jerawat, karena iritasi minyak stagnan pada kulit dapat menimbulkan masalah serius.