Rahasia Awet Muda Bakal Terkuak!

Rahasia Awet Muda Bakal Terkuak! Ilustrasi
Ilmuwan berhasil melakukan transformasi sel orang tua menjadi sel orang muda.
Dream - Rahasia awet muda tinggal satu langkah lagi bakal terkuak, setelah sekelompok ilmuwan di Stanford University berhasil melakukan transformasi sel orangtua menjadi sel orang muda.
Transformasi itu melibatkan proses meningkatkan panjang 'telomere', yang merupakan topi pelindung di ujung kromosom yang memicu penuaan dan penyakit.
Para peneliti di Amerika Serikat mengatakan teknik ini bisa memperpanjang hidup manusia dan memberikan harapan baru untuk memerangi penyakit yang muncul akibat usia tua.
Telomere bertugas menjaga DNA tetap sehat. Jika pelindung ini menjadi semakin pendek saat terjadi replikasi DNA dan akhirnya tak mampu melindungi DNA dari kerusakan dan mutasi, akan menyebabkan orang bertambah tua.
Pada orang muda, telomeres panjangnya sekitar 8,000-10,000 molekul organik atau nukleotida.
"Sekarang kami telah menemukan cara untuk memperpanjang telomere manusia sebanyak 1,000 nukleotida atau setara dengan bertahun-tahun kehidupan manusia," kata Helen Blau dari Stanford University.
Untuk membuat penemuan ini, peneliti melakukan modifikasi RNA untuk memperpanjang telomere. RNA membawa instruksi dari gen dalam DNA ke pabrik protein pembuatan sel.
RNA yang digunakan dalam penelitian ini mengandung urutan kode untuk TERT - komponen enzim alami aktif yang disebut telomerase.
Ketika sel-sel tersebut ditransformasi, mereka berperilaku seolah-olah mereka lebih muda. Sel-sel tersebut tidak mati tapi justru membelah dengan cepat.
Dengan penemuan ini, ada implikasi untuk mengobati kondisi akibat penuaan, seperti diabetes dan penyakit jantung.
"Ini benar-benar membuka pintu semua jenis manfaat potensial dari terapi ini."
Para peneliti juga berharap bahwa metode ini akan dapat memungkinkan para ilmuwan untuk menghasilkan sejumlah besar sel yang suatu hari nanti bisa mengarah pada obat anti-penuaan yang efektif.