Nah, Ini Dia Trik Batasi Gula Untuk Anak-Anak



Nah, Ini Dia Trik Batasi Gula Untuk Anak-Anak


Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun sebaiknya diberi batasan yang normal dalam mengonsumsi gula. Permen, kue, atau makanan manis lainnya jika berlebihan bisa menyebabkan risiko diabetes mellitus, obesitas, atau yang cepat terlihat adalah pengeroposan gigi seperti caries sehingga mengurangi penampilan dari segi estetika.
Enggak mau dong anak-anak sakit gigi atau gigi depannya menghitam karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis? The American Heart Association merekomendasikan bahwa asupan gula untuk anak-anak sebaiknya dibatasi hingga 3 sendok teh (12 gram) per hari.
Cobalah mengurangi lagi jajanan anak seperti permen, gula-gula, makanan manis atau snack dengan kadar gula yang tinggi. Kadang-kadang, gula tambahan juga mudah ditemukan dalam makanan kemasan atau makanan olahan seperti susu kaleng, es krim, roti, sup, sayuran kaleng, makanan beku, dan makanan cepat saji. Berikut tips untuk membatasi asupan gula yang seimbang pada si kecil…
Mengurangi bukan melarang
Anak-anak akan makin memberontak jika dilarang. Apalagi mereka dilarang menikmati makanan manis favorit mereka seperti permen atau kue cokelat. Nah, daripada bertengkar atau membuat anak makan dengan sembunyi-sembunyi di belakang orang tua, lebih baik batasi saja konsumsi makanan manis dan bukan melarang untuk makan sama sekali.
Membuat makanan manis sendiri
Di beberapa toko makanan, mungkin kamu kesulitan menemukan jenis camilan dengan kadar gula yang sesuai untuk kebutuhan anak. Mengapa kamu tidak membuat sendiri saja? Buat menu yang mudah dan praktis serta cocok untuk lidah si kecil. Minuman bersoda dengan ukuran 1 liter mengandung 10 sendok teh gula tambahan di dalamnya, mengandung 3 kali lipat kebutuhan gula harian si kecil. Lebih baik buat sendiri jus buah atau air mineral yang ditambah percikan jeruk nipis sebagai alternatif minuman segar.
Buat es loli sendiri
Buat es loli sendiri dengan rasa buah favorit si kecil. Pertama jus buah kesukaan anak misalnya anggur, pisang, atau peach. Kemudian, cetak dalam wadah loli yang banyak tersedia di pasaran, tempatkan pegangan plastik. Lalu masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Untuk menikmati es loli buatan sendiri agar lebih lezat lumuri dengan saus cokelat atau whipped cream.
Gampang kan. Selamat mencoba.