Resep Ayam Bakar Kecap Spesial




Bahan utama:
1 potong ayam segar, bagi menjadi 8-10 bagian sesuai selera
2 batang serai, cuci kemudian geprek atau memarkan
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
1 sendok teh garam
5 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
4 sendok makan air asam Jawa
250 ml santan kental
4 lembar daun salam
8 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Bumbu halus:
7 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 buah cabai merah
1 sendok makan ketumbar, sebaiknya sangrai terlebih dahulu
2 sendok teh jintan hitam
3 sendok makan gula merah sisir
1 sendok teh merica bubuk
1 cm jahe
2 cm kencur
2 sendok teh garam
1 cm kunyit bakar
Setelah semua bahan utama dan bumbu halus disiapkan, kita bisa memulai untuk mengolah menu masakan ayam bakar kecap spesial.
Langkah-langkah membuat ayam bakar kecap spesial:
Anda harus mencuci bersih ayam yang akan diolah. Setelah dicuci bersih, Anda bisa melumuri ayam tersebut dengan campuran air perasan jeruk nipis dan garam yang telah tersedia. Ayam yang telah dilumuri kemudian didiamkan sekitar 15 menit lalu dibilas dan ditiriskan hingga ayam kering.
Anda siapkan penggorengan dengan minyak goreng sedikit untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu halus hingga beraroma harum lalu masukkan ayam serta serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk. Masak ayam hingga warna ayam berubah.
Bila ayam sudah berubah warna, Anda bisa menambahkan air asam Jawa dan kecap manis di atas ayam. Aduk-aduk hingga merata dan tekstur ayam menjadi lunak. Bila sudah, Anda bisa mengangkatnya untuk proses pembakaran.
Langkah terakhir dalam pembuatan ayam bakar kecap adalah proses pembakaran atau pemanggangan. Anda siapkan tempat pembakaran dan pastikan bara apinya stabil sehingga ayam bisa dibakar dengan maksimal dan warnanya cantik. Bila Anda ingin menggunakan Teflon untuk memanggang, Anda sebaiknya tidak menambahkan minyak ataupun mentega karena ini akan memberikan kesan kurang kering dan terbakar. Bakar atau panggang ayam hingga ayam mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Berikan olesan dengan bumbu sisa di atas ayam sehingga ayam semakin lezat. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam kondisi masih hangat.